Advertisement

Masukkan script iklan 970x90px

BUDIDAYA IKAN LOUHAN : Cara Beternak Ikan Louhan Dengan Mudah Dan Menghasilkan

Suhu X
Kamis, 27 Desember 2018

Budidaya ikan louhan sangat mudah sekali, dengan Anda beternak ikan Louhan, maka anda sudah menyiapkan kantong untuk mengundang pundi-pundi uang masuk ke dalam saku anda

Kenapa begitu, karena beternak ikan louhan sangatlah mudah sekali, bahkan lebih mudah daripada cara merawat wajah agar tetap tampil cantik. Hehehehe

Mengapa demikian, karena membudidaya ikan louhan bisa dilakukan oleh siapapun.
Berikut ini mantul news akan memaparkan cara beternak ikan louhan. Tulisan ini bukan hanya isapan jempol belaka, tetapi tulisan ini sudah berdasarkan riset dan pengalaman pribadi. Jadi anda tidak usah khawatir lagi di dalam menerapkan pemaparan tentang membudidayakan ikan berkepala jenong ini.

BUDIDAYA IKAN LOUHAN : Cara Beternak Ikan Louhan Dengan Mudah Dan Menghasilkan

Di atas saya sudah mengatakan bahwa beternak ikan louhan sangat mudah, Mengapa demikian, karena kita tidak memerlukan  kolam atau  lahan yang besar, cukup hanya dengan akuarium saja kita sudah bisa membudidaya ikan louhan.

Bagi Anda yang serius ingin mengembangbiakkan ikan louhan, ada tiga hal yang paling penting untuk diperhatikan sebelum anda memulai  beternak ikan louhan.:
Apa saja ke-tiga hal tersebut:

BUDIDAYA IKAN LOUHAN : Cara Beternak Ikan Louhan Dengan Mudah Dan Menghasilkan


1. Akuarium
Akuarium dan juga perlengkapannya yang bisa anda gunakan untuk ikan louhan adalah : panjang 70 cm tinggi 40 cm dan lebar 40cm. Apabila anda menggunakan lebih panjang kira-kira 1 meter, itu malah lebih bagus.

Setelah akuarium sudah siap, peralatan lainnya yang tak kalah penting yang perlu Anda siapkan adalah Aerator, sebuah alat penghasil gelembung udara dalam air serta mesin filter yang berfungsi untuk sirkulasi udara dalam air. Dan bahan yang terakhir yang perlu Anda siapkan adalah sekat kaca. Pasanglah sekat kaca berada di posisi tengah Akuarium. Sekat kaca ini berfungsi agar sesama ikan tidak berkelahi, mengingat ikan louhan adalah jenis ikan yang mempunyai karakter mempertahankan daerahnya

2. Air
Air yang sebaiknya kita gunakan adalah air yang baru yang sebelumnya telah kita endapkan terlebih dahulu selama beberapa jam. Hal ini bertujuan agar supaya kadar Ph air tidak terlalu tinggi, lalu taburkan garam ikan (garam ini tersedia banyak di toko ikan hias) secukupnya, Setelah semuanya selesai, baru hidupkan aeratornya dan biarkan selam beberapa jam.

3. Pakan
Pakan ikan louhan sebaiknya diberikan kira-kira pada masa 2 minggu sebelum ikan louhan di ternakkan. Makanan yang baik bagi ikan louhan adalah makanan alami yang bergizi dan berprotein tinggi seperti Udang, cacing atau jangkrik. Tujuannya adalah agar nanti pada saatnya ikan-ikan tersebut bertelur, mereka akan dapat menghasilkan bibit-bibit yang unggul dan berkualitas. Jadi sebaiknya untuk sementara waktu jangan gunakan dulu pakan louhan buatan yang mengandung pewarna seperti pelet dan lain sebagainya, karena pakan yang semacam tersebut dapat mengganggu kesuburan ikan.


Proses Penjodohan Ikan Louhan 

Disinilah letak proses cara beternak ikan louhan dimulai.  Setelah 3 poin di atas sudah lengkap kini saatnya anda memasukkan ikan louhan ke Akuarium.

Memasukan ikan louhan tidak boleh sembarangan, tapi ada caranya. Caranya yaitu : Masukkan Louhan Jantan terlebih dahulu (bisa disebelah kanan atau kiri, terserah anda. "Ingat aquarium harus terbagi menjadi dua sekat yang dipisahkan oleh kaca"). Setelah kedua induk ikan louhan ini berada dalam satu akuarium yang dipisahkan oleh kaca, Sekarang Anda Amatilah gerak-gerik dari keduanya, apakah mereka saling bertengkar atau tidak?

Apabila mereka berdua terlihat saling bertengkar sebaiknya  sekat kaca  Jangan dibuka terlebih dahulu Biarkan saja  kedua Induk Ini  saling mengenal terlebih dahulu. Kira-kira dibutuhkan waktu antara 3 - 7 hari.

Setelah nampak keakraban dari kedua induk ini, biasanya akan nampak pen yang agak menonjol pada induk betina, itu artinya telur yang ada dalam perutnya itu sudah masak dan siap untuk ditelurkan keluar.

Nah pada saat inilah waktu yang tepat untuk melepas sekat kaca pemisah tadi. Lepaskan sekat dengan cara perlahan, jangan sampai membuat ikan menjadi ketakutan. Jangan lupa amati kembali kedua induk tersebut selama beberapa jam. Jika terjadi perkelahian di antara keduanya, segera bisa kan mereka dengan cara memasang sekat lagi. Jika tidak akan nampak mereka berdua mesra mesra saja, itu artinya mereka berjodoh dan sudah siap untuk......
Biasanya, sesekali si induk betina akan menggesekkan badannya ke induk louhan jantan, demikian pula si Jantan, sesekali akan menggesekkan badannya ke tubuh betina sambil menggoyangkan sirip ekornya.

 Jika hal tersebut di atas terjadi, maka sebaiknya segera tutup aquarium di bagian depan dengan kertas atau plastik yang berwarna gelap, bisa hitam atau biru. Jangan lupa, sebelum anda menutup akuariumnya, berilah kedua induk louhan yang sedang bulan madu tersebut makanan yang sedikit agak banyak biar mereka berdua kenyang. Pada masa kedua induk ikan louhan tersebut berbulan madu jangan sekali-kali anda intip ya.....
Kan malu.... Atau mereka berdua mendadak kaget melihat ada yang ngintip hehehe....

Untuk sementara waktu hentikan terlebih dahulu pemakaian filter, karena bisa jadi selama proses peteluran, telur dapat terseret arus yang dihsilkan mesin tersebut dan proses pembuahan sang jantan pun tidak akan merata, jadi media yang kita butuhkan cukup akuarium dan aerator saja.

Ikan Louhan Bertelur Biasanya 1 - 2 hari, untuk mengetahuinya, biasanya Dasaran Akuarium sudah dipenuhi dengan telur yang bertebaran di pojok dan terkadang disamping akuarium. Telur yang tidak berhasil dibuahi biasanya berwarna putih susu. Sedangkan telur yang dibuahi ciri-cirinya adalah berwarna bening dan di tengahnya terdapat bintik spot berwarna hitam.

Kedua induk ikan louhan ini akan saling menjaga telurnya. Terkadang Anda akan mendapati induk louhan jantan mengipas-ngipasi telur tersebut dengan siripnya. Tujuannya adalah untuk memberi sirkulasi udara kepada telur, pada tahap ini jangan diangkat dulu induknya biarkan saja mereka berdua. Tapi jangan lupa  berikan mereka berdua makanan yang banyak  agar mereka  kenyang karena  kalau mereka berdua  kelaparan  maka  induk lahan tersebut akan memakan telurnya sendiri. Biasanya telur louhan tersebut akan menetas dalam waktu selama kurang lebih 48 jam kemudian.

Setelah semua telurnya menetas, untuk menjaga hal-hal yang tidak diinginkan, sebaiknya segera angkat kedua induk louhan tersebut dan masukan mereka ke dalam akuarium yang lain.

Selama 1 - 5 hari, anakan louhan tidak perlu di beri makanan dari luar, cukup dibiarkan begitu saja. Baru setelah hari ke-lima, berilah mereka apa kan Dari kuning telur yang sudah direbus dan diremas-remas terlebih dahulu hingga lembut, baru kemudian ditaburkan ke dalam akuarium.

Sampai pada tahap ini anda sudah bisa dikatakan berhasil membudidaya atau beternak ikan louhan, selanjutnya hanyalah tinggal perawatan dan pembesaran anakan louhan.


bagaimana, Cukup mudah bukan budidaya ikan Louhan ini?
Terima kasih ya, sudah membaca artikel tentang cara beternak ikan louhan ini, semoga bermanfaat!